Sebelum Melakukan Facial Sebaiknya Ketahui 5 Hal Ini

Agar wajah lebih bersih dan jauh dari jerawat, perlu dilakukan perawatan ekstra. Salah satunya adalah tindakan facial yang disediakan berbagai salon atau klinik kecantikan. Facial merupakan tindakan yang tujuan utamanya membersihkan wajah dari komedo dan jerawat. Meski sudah familiar, facial tak jarang dianggap sebagai sesuatu yang tidak perlu dan mahal. Padahal jika dilakukan secara rutin, perawatan tersebut bisa sangat membantu memperbaiki kondisi kulit Anda.

Sebelum Melakukan Facial Sebaiknya Ketahui 5 Hal Ini

Walau begitu, Anda tetap perlu hati-hati dalam memilih klinik terpercaya agar facial tidak menimbulkan efek samping negatif. Agar Anda juga tidak salah pengertian dengan tindakan kecantikan ini, simak lah lima hal berikut sebelum melakukan facial selanjutnya:

1. Facial Bukan Solusi Instan
Banyak orang melakukan facial agar terlihat lebih lebih mulus saat acara spesial, misalnya Hari Raya. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya dibenarkan karena facial bukanlah solusi instan untuk mempercantik wajah. Terlebih efek samping kemerahan yang bisa ditimbulkan bisa membuat wajah justru tidak maksimal ketika harus menemui banyak orang.

Dilansir Huffington Post, perawatan tersebut lebih bersifat preventif untuk mencegah wajah berjerawat atau timbul tanda penuaan dini. Anda pun tidak dapat mengandalkannya untuk memperindah tampilan kulit. Tetap diperlukan perawatan dasar yang rutin agar hasilnya lebih maksimal.

2. Perhatian Blackhead
Jika Anda memiliki blackhead ada baiknya tidak mencoba untuk membersihkannya sendirian. Serahkanlah pada dokter kulit atau beautician langganan. Untuk itu, disarankan untuk melakukan facial secara rutin. Orang yang sudah ahli bisa mengangkatnya secara maksimal sehingga blackhead tak menumpuk dan menyebabkan pori-pori membesar.

"Blackhead harus didorong dari bawah. Jika tidak dilakukan dengan benar, itu bisa menyebabkan permukaan wajah teriritasi," ungkap Regine Berthelot selaku North America and Treatment Director dari klinik Caudalíe.

3. Pijatan
Selain bersih, facial yang baik juga harus dilakukan dengan pijatan yang bisa dinikmati. Menurut Regine, semakin baik pijatannya, semakin baik pula sirkulasi darah yang bisa menunjang efek bersinar pada wajah. Pijatan untuk wajah memang lebih baik diterapkan oleh orang lain agar menimbulkan sensasi terkejut.

"Otakmu akan terkejut dan kamu bisa menikmati pijatan lebih baik lagi. Jika kamu memijat diri sendiri, otakmu sudah tahu apa yang akan kamu lakukan sehingga mengurangi faktor 'wow'-nya," jelas Regine.

4. Sesuai Jadwal
Sebagian dari Anda yang sudah mencoba facial mungkin pernah merasa kecewa ketika tidak merasakan efek berarti. Bisa saja hal tersebut terjadi karena Anda tidak rutin melakukannya. Facial akan memberikan hasil yang maksimal ketika diterapkan sesuai jadwal, misalnya sebulan sekali. Regine pun menyarankan perawatan itu dilakukan tiga minggu sekali untuk pemilik kulit berminyak. Dan lima minggu sekali untuk orang yang berkulit kering.

"Ketika kamu facial secara reguler, itu seperti melatih sel kulitmu. Sel kulit menyukai rutinitas dan dia akan merespon perawatan itu," tambahnya.

5. Mahal Belum Tentu Berkualitas
Bagaimana cara memilih klinik yang tepat? Menurut Regine Anda perlu menggunakan kata hati dalam menentukannya. Setialah pada dokter atau beautician yang terlihat profesional dan tidak terlalu agresif dalam menawarkan produknya. Tentu saja perhatikan pula hasil facial-nya. Jangan terpatok untuk datang ke klinik mahal hanya karena tampak berkualitas. (asf/asf)
Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2016/01/10/101158/3114621/234/5-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-melakukan-facial