Tanpa Disadari 5 Hal Ini Dapat Sebabkan Kerontokan Pada Rambut

Pernahkah saat menyisir rambut Anda mendadak berteriak histeris saat melihat banyak helaian rambut berjatuhan di lantai atau tersangkut di sisir? Cukup ngeri untuk diungkapkan, tapi kerontokan ini terjadi setiap hari bisa-bisa Anda mengalami kebotakan, lho! Nah, apa sih sebenarnya yang menyebabkan rambut rontok? Apakah semua itu terjadi karena ulah Anda sendiri ataukah ada faktor lain yang di luar kuasa Anda?
Adam Friedman, M.D., profesor dermatologi di George Washington School of Medicine and Health Sciences serta Allen Ruiz, pakar hairstyling terkemuka di New York membeberkan alasan rambut rontok sebagai berikut:

Tanpa Disadari 5 Hal Ini Dapat Sebabkan Kerontokan Pada Rambut


Kekurangan vitamin
Menurut dokter Friedman, asupan vitamin B12 dan besi bagi tubuh sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan rambut. Namun, kekurangan keduanya justru mengakibatkan kerontokan parah yang bisa berujung pada kebotakan.
Oleh karena itu, mulai sekarang berburulah makanan yang kaya akan vitamin B12 seperti kepiting, tuna, kerang, salmon, ataupun daging sapi. Sementara untuk pasokan zat besi Anda bisa memperbanyak konsumsi bayam, kentang, termasuk daging sapi juga.

Konsumsi obat tertentu
Konsumsi obat tertentu ternyata juga memiliki dampak pada kerontokan rambut, lho. Oleh karena itu, coba ingat-ingat obat apa sajakah yang sedang dikonsumsi saat ini? Sebab, obat antidepresan dan darah tinggi memang memiliki pengaruh pada kekuatan rambut yang menjadikannya mudah rontok.

Sering kuncir ekor kuda
Keseringan menguncir rambut gaya ekor kuda dengan posisi menjulang ternyata sangat tak bagus bagi kekuatan akar rambut, lho. Gaya ini membuat folikel rambut stres dan akhirnya berakhir pada masalah kerontokan.

Bila rambut memang terlanjur sudah rontok, segera gunakan Anti-Hairloss Shampoo dari SEBAMED. Produk ini memiliki nilai pH 5.5 yang aman bagi rambut rontok dan bebas pewarna buatan yang bikin rambut maupun kulit kepala iritasi. Semprotkan pada rambut, kemudian pijat perlahan.

Pakai hair tool suhu panas
Sering menggunakan blowdrying, flat ironing, serta curling dalam suhu super panas demi hasil kilat sudah pasti mengancam keratin dan akar rambut. Lupakan cara ekstrim ini dan lakukan hair styling dalam suhu yang tak melebihi batas normal seperti yang dianjurkan pada petunjuk penggunaan alat.

Mengeringkan rambut dengan handuk katun
Sekadar mengeringkan rambut basah dengan handuk saja bisa memicu kerontokan parah, lho. Ini terjadi bila Anda mengeringkannya dengan handuk berbahan katun. Handuk semacam ini sangat mudah menimbulkan gesekan antara helaian rambut dan permukaannya sehingga memudahkan akar rambut tertarik dan rontok.
Upayakan untuk mengeringkan rambut dengan handuk microfiber yang memiliki kemampuan untuk menyerap air lebih baik. Selain itu, handuk ini juga menimbulkan gesekan yang minim sehingga mencegah kerontokan dalam jumlah besar.