Tampil Lebih Cantik Dengan Operasi Plastik, Aman Ga Sih?

Operasi plastik memang mengundang banyak kontroversi dan seringkali dicap sebagai hal yang negatif di kalangan masyarakat kita. Memang banyak kenyataan yang menunjukkan bahayanya operasi plastik yang memicu kerusakan pada wajah, dan banyak operasi yang gagal akibatnya bukannya mendapat kecantikan wajah tetapi malah wajah jadi buruk. Seperti dua sisi mata uang, operasi plastik memiliki dampak positif dan negatif.
 
Tampil Lebih Cantik Dengan Operasi Plastik, Aman Ga Sih
 
Salah satu dampak positif dari operasi plastik adalah membuat menjadi lebih muda.Tampilan yang lebih muda membuat orang lebih memiliki energi muda kembali dan membuat semakin bersemangat dan percaya diri dalam aktivitas. Setiap orang yang berhasil operasi merasakan manfaat operasi plastik bagi mereka yakni meningkatkan rasa percaya diri. Dengan rasa percaya diri, mereka lebih berani untuk tampil di depan, bersosialisasi dan membina banyak jaringan dengan orang lain. Inilah manfaat operasi plastik yang berimbas pada kemajuan mental seseorang.
Di zaman yang serba modern ini operasi plastik marak sekali dilakukan ,dan sudah menjadi pilihan tidak hanya dikalangan artis atau orang-orang yang beruang saja tapi semua orang yang ingin mendapatkan tampilan sempurna yang instan. Dibalik kecantikan dan kesempurnaan wajah yang dihasilkan oleh pisau bedah ini, ternyata juga menyimpan berbagai risiko dan bahaya yang menghantui tubuh kita. Bahaya operasi plastik yang tidak kita sadari dan bahkan terkadang tidak terfikirkan oleh para pengguna jasa operasi plastik ini tentu sangat merugikan bagi tubuh seseorang dan sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang.
Meskipun komplikasi dari tindakan bedah plastik tersebut jarang terjadi, namun kita juga harus mengetahui apa saja efek samping dari tindakan operasi plastik, diantaranya adalah :
  • Sakit atau Nyeri
Semua operasi pasti rasanya sakit, termasuk juga operasi plastik. Beberapa bedah plastik yang diyakini mampu menimbulkan rasa sakit yang luar biasa antara lain abdominoplasty atau tummy tuck merupakan jenis operasi yang bertujuan untuk mengencangkan perut. Breast augmentation merupakan jenis operasi plastik yang bertujuan untuk pembesaran payudara, bahan yang digunakan untuk penambah ukuran payudara baik yang terbuat dari  silikon “innert” atau saline harus diletakkan dibawah otot otot dada. Hal ini mengharuskan terjadinya pemotongan otot dada terlebih dahulu untuk menyambung dengan bahan - bahan tersebut.
  • Bekas Jahitan atau Bekas Luka
Semua jenis operasi termasuk juga operasi plastik menggunakan tekhnik pembedahan dan yang pasti akan dijahit kembali. Hal tersebut akan meninggalkan bekas luka. Dokter akan berupaya untuk menyembunyikan bekas luka agar tidak kelihatan, tetapi hal tersebut masih tetap meninggalkan bekas luka.
  • Efek samping pendarahan
Efek samping yang akan terjadi setelah menjalani operasi, biasanya adalah akan terjadi pendarahan. Apabila pendarahan tersebut tak kunjung berhenti maka dapat berlanjut pada tahap komplikasi seperti pembekuan darah, kulit menjadi biru kehitaman, dan atau gosong/ungu yang disebut dengan hematoma. Dan jika hematoma berkelanjutan dapat membuat jaringan kulit bermasalah dan yang lebih parah dapat menyebabkan infeksi.
  • Kerusakan saraf
Kerusakan saraf merupakan kasus ekstrim yang dapat terjadi, ditandai oleh mati rasa dan kesemutan. Pada umumnya kerusakan saraf terjadi tidak lebih dari 1 tahun. Kelemahan atau kelumpuhan otot tertentu mungkin dialami jika saraf yang berkaitan dengan gerakan otot terganggu. Hal ini dapat diobati dengan operasi rekonstruksi.
  • Nekrosis / kematian jaringan
Nekrosis adalah kematian jaringan karena kekurangan pasokan oksigen ke daerah dioperasikan. Resiko ini sangat jarang terjadi pada operasi kosmetik normal, tetapi pada operasi plastik yang melibatkan face lift, pengurangan payudara, melipat perut, ada kemungkinan necrosis disebabkan adanya peningkatan peradangan mendadak. Perokok sangat rentan terhadap kemungkinan ini sebagai penyempitan pembuluh darah dan suplai oksigen yang relatif kurang.
  • Efek samping anestesi
Efek samping dari Anestesi. Risiko akibat penggunaan anestesi meski sangat jarang, namun apabila terjadi maka akan membahayakan. Resiko tergantung pada faktor-faktor seperti kesehatan dan keseriusan operasi. Rasa mual dan sakit tenggorokan merupakan hal yang wajar
  • Ketidaksesuaian Prosedur Operasi
Ketidaksesuaian prosedur operasi yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang di inginkan adalah merupakan sesuatu yang paling meresahkan dari operasi plastik pada wajah.
Semua bentuk dan prosedur  operasi selalu memiliki resiko ,sama halnya operasi plastik. Apapun yang dipilih pastikan tindakan operasi anda dilakukan oleh dokter yang  berkualitas. Bertanya dan  konsultasikan dulu dengan dokter anda untuk mencegah bahaya operasi plastik yang tidak diinginkan.