Tetap Sehat Meski Sudah Lanjut Usia? Bisa!

Lansia adalah sebutan orang yang sudah berusia lanjut (lanjut usia). Di usia ini, banyak hal yang sebaiknya dihindari agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. Agar bisa tetap sehat, berikut akan saya informasikan tentang tips hidup sehat untuk lansia, semoga bisa menjadi alternatif pola hidup yang sebaiknya dijalani.
Tips hidup sehat untuk lansia yang dimaksud antara lain :
  1. Pola makan khusus
Yang paling diperhatikan adalah pemberian asupan nutrisi dan gizi melalui makanan. Saat menginjak usia lanjut, pola makan yang sebaiknya dilakukan adalah dengan makan lebih sering tetapi dengan porsi yang lebih sedikit.
  1. Cukupi kebutuhan vitamin yang cocok untuk lansia
Di usia yang semakin lanjut, kita harus memperkuat ketahanan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Cara yang paling baik adalah dengan mencukupkan kebutuhan vitamin seperti vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E yang bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, sayuran hijau, serta biji bijian.
  1. Cegah pengeroposan tulang
Agar bisa tetap lincah dan aktif bergerak di usia lanjut, tips hidup sehat untuk lansia selanjutnya adalah dengan mengantisipasi agar tulang tidak mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang). Cara mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi susu yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi.
  1. Jaga saluran pencernaan tetap lancar
Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh lansia adalah gangguan di sistem pencernaan. Agar hal tersebut bisa dihindari dan diminimalisir, maka Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar serat yang cukup tinggi, seperti biji bijian, buah buahan dan aneka sayuran berwarna hijau.
  1. Cegah penyakit dan keluhan pada mata
Usia lanjut sangat identik dengan penyakit mata seperti katarak, mata rabun, dan lain sebagainya. Agar bisa dicegah, maka konsumsilah makanan yang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan mata seperti beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E.
  1. Cegah penyakit jantung dan stroke
Tips hidup sehat untuk lansia berikutnya adalah dengan meminimalisir konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi agar terhindar dari kemungkinan serangan jantung dan stroke.
Tetap Sehat Meski Sudah Lanjut Usia? Bisa!

Karena kondisi ketahanan tubuh lansia berbeda dengan orang muda, maka perlu perhatian khusus agar kondisi kesehatannya tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga tips hidup sehat untuk lansia di atas bisa bermanfaat untuk Anda.