Berikut Ini Adalah Tanda-Tanda Bahwa Tidur Anda Kurang Nyenyak

Masih banyak lagi gejala-gejala tidur kurang berkualitas yang Anda belum tahu atau terdengar biasa nan sepele. Berikut Berikut gejala-gejala tidur Anda kurang nyenyak lainnya yang perlu Anda ketahui.

1. Anda minum kopi sepanjang hari
Salah satu tanda bahwa tidur Anda kurang nyenyak dan kurang berkualitas di malam hari adalah apabila Anda terus menerus minum kopi di sepanjang hari. Perasaan ingin minum kopi di pagi hari untuk "membangunkan" Anda dan di sisa hari Anda supaya Anda tetap terjaga bisa jadi mengindikasikan adanya masalah tidur. Sudahkah Anda meyakinkan diri Anda apakah Anda memang betul suka minum kopi atau Anda membutuhkan kopi untuk tetap terbangun dan terjaga?

2. Anda tidur hingga siang hari di waktu libur
Anda bangun sangat pagi dari senin hingga jumat supaya bisa datang kerja tepat waktu. Lalu di akhir pekan rasanya adalah waktu yang tepat untuk bermalas-malasan tidur hingga siang hari. Jika Anda dapat tidur hingga 11-13 jam tanpa membunyikan alarm di akhir pekan, bisa jadi itu adalah upaya tubuh untuk membayar "hutang tidur" Anda. Anda mungkin saja tidur 8 jam sehari di hari kerja, namun bisa jadi tidur Anda kurang berkualitas. Hal ini sebetulnya dapat mengganggu jam biologis tubuh.

Berikut Ini Adalah Tanda-Tanda Bahwa Tidur Anda Kurang Nyenyak

3. Mood yang buruk
Apakah Anda menjadi mudah tersinggung akhir-akhir ini? Bisa jadi Anda kurang tidur atau tidur Anda kurang berkualitas. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Pennsylvania menyebutkan bahwa orang yang hanya tidur selama 4-5 jam per hari selama 1 minggu menjadi mudah stress, mudah marah dan mudah sedih. Kabar baiknya? Jika Anda tidur cukup, maka mood Anda juga akan kembali ceria.

4. Anda terbangung dengan mulut kering, nyeri tenggorokan atau nyeri kepala
Sebelum Anda buru - buru menyalahkan alergi atau infeksi sebagai penyebabnya, bisa jadi itu adalah gejala dari suatu obstructive sleep apnea syndrome (OSAS), yaitu suatu gangguan kolapsnya salurang pernafasan ketika tidur dan menyebabkan Anda berhenti bernafas selama beberapa detik ketika tidur. Dinding saluran pernafasan Anda akan saling menggesek dan bergetar ketika Anda bernafas dan menghasilkan suara mendengkur dan menyebabkan Anda terbangun dengan mulut kering dan nyeri di tenggorokan keesokan harinya.

5. Anda bangun beberapa kali untuk ke toilet
Anda mungkin saja berpikir penyebabnya adalah penyakit diabetes Anda atau gangguan prostat yang Anda alami. Namun sering terbangun di malam hari bisa jadi merupakan gejala dari gangguan saluran napas ketika tidur atau Obstructive sleep apnea (OSAS). Ketika Anda sering terbangun di malam hari, Anda tentu akan secara refleks pergi ke kamar mandi walaupun sebenarnya Anda tidak ada keinginan untuk ke toilet.

6. Berat badan Anda meningkat
Jika angka di timbangan Anda terus bergeser ke kanan dan Anda merasa selama ini tidak ada perubahan pola makan atau aktivitas Anda, bisa jadi peningkatan berat badan Anda disebabkan oleh karena kurang tidur. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal PLoS Medicine, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap hari nya 30% berisiko mengalami obesitas jika dibandingkan dengan yang tidur 7 - 9 jam setiap hari. Peneliti menyebutkan orang yang kurang tidur mengalami gangguan hormonal dimana terdapat penurunan hormon leptin (yaitu hormon yang mengatur rasa kenyang dan menekan nafsu makan) dan meningkatkan ghrelin (hormon yang merangsang rasa lapar).
Sumber: http://klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/6-tanda-tidur-anda-kurang-nyenyak