Sebuah Alat Baru, Lutut Manusia Bisa Dipasang 'Shock Breaker'

Tags

Moximed, sebuah perusahaan yang bermarkas di Hayward, California dan Zurich, Swiss, baru-baru ini memenangkan tanda 'CE' Eropa untuk memperkenalkan perangkat 'Atlas' besutannya.

Tanda 'CE' merupakan penyesuaian tanda yang ada pada produk yang melantai di pasar tunggal di Kawasan Ekonomi Eropa dan barang-barang ekspor dari luar negeri. Jika sebuah produk telah mengantongi tanda ini, bisa dipastikan bahwa produk tersebut aman digunakan.

Adapun perangkat ini dirancang untuk mengurangi tekanan, yang diterapkan pada sendi dan untuk memangkas kebutuhan penggantian lutut.

Analoginya, perangkat ini bekerja seperti 'shock breaker' atau peredam kejut di kendaraan, namun dipasang dalam lutut. Dengan memasang perangkat ini, maka kerusakan tulang rawan di dalam lutut menjadi diminimalisasi.

Perusahaan berharap, perangkatnya akan memungkinkan pasien mempertahankan gaya hidup aktif mereka sambil meningkatkan kepuasan, mengurangi operasi berulang, dan menurunkan nyeri.

Menurut keterangan resminya, yang dikutip dari Medgadget, Jumat (8/1/2016), Atlas telah diuji coba dan dievalusi dalam sebuah studi klinis terhadap 40 pasien.

Sebuah Alat Baru, Lutut Manusia Bisa Dipasang 'Shock Breaker'

Salah satu peneliti di studi tersebut, Konrad Slynarski dari Lekmed SZPITAL di Warsawa, Polandia, berkomentar, "Saya banyak menangani pasien aktif muda dengan osteoarthritis ringan. Saya sangat kagum pada minat pasien yang sangat besar dalam menerima terapi ini, dan saya sangat senang dengan pemulihan pasien saya yang konsisten dan cepat, dan kembali ke aktivitas sehari-hari. Saya sudah menggeser pola praktik saya untuk menawarkan sistem Atlas bagi pasien saya."

Para peneliti lain dalam penelitian ini adalah Willem van der Merwe dari Klinik Ortopedi Ilmu Olahraga di Cape Town, Afrika Selatan.

Ia mengungkapkan, "Saya percaya Atlas bisa menjadi solusi perawatan pra-artroplasti bagi orang-orang yang terlalu muda atau tidak siap untuk penggantian sendi, dan saya berharap untuk menambahkan layanan ini sebagai bagian rutin dari praktek saya."